<
head
Play List Video
 
Support Online

Anda Pengunjung Ke

9 6 0 8

PENGUMUMAN KELULUSAN

Pemilihan Ketua OSIS

SNMPTN

Ujian Online

Pengisian Rapot SMP

Ujian Online

  SEKOLAH "MODEL" SKM

Program Kerja | Info


Penanggung Jawab : PJP Sekolah "Model" SKM | Drs.Ismanto
   
PROGRAM KERJA OPERASIONAL PENGELOLAAN PUSAT SUMBER BELAJAR
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
No.
URAIAN KEGIATAN
Nomor Aspek/    Indikator
Fokus Program
Sasaran Kegiatan
Tanggal, bulan dan tahun
Hasil Kegiatan
SMA PSB
PSB Mitra
A Pemenuhan Standar Isi dan SKL              
  1. Mendukung pelaksanaan analisis konteks 1.1.8 v v        
    a.  Pengembangan instrumen analisis konteks berbasis TIK       1 pkt 1-31/7/2010  
    b.  Pengolahan hasil analisis konteks        1 pkt 1-31/7/2010 Dokumen analisis 8 SNP
    c.  Penyusunan laporan hasil analisis konteks       1 pkt 1-13/8/2010  
  2. Mendukung Pemetaan Standar Isi dan SKL mata pelajaran  1.2.2 v v        
    a.  Pengembangan format/instrumen pemetaan Si dan SKL berbasis TIK           19-30/8/2010 Dokumen pemetaan SKL - SK/KD per mata pelajaran
    b.  Pengembangan sistem penyimpanan hasil pemetaan berbasis TIK               
B Pemenuhan Standar Proses 1.2.8.            
  1. Mendukung pelaksanaan pengembangan RPP dan Bahan Ajar untuk setiap KD mata pelajaran berbasis TIK              
    a.  Pengembangan instrumen analisis kebutuhan dan judul RPP untuk setiap KD   v v   pkt 1-7/7/2010  
    b.  Pengembangan instrumen analisis kebutuhan dan judul bahan ajar untuk setiap KD   v v   pkt 1-7/7/2010  
    c.  Pengumpulan File RPP dan Bahan Ajar berbasis TIK seluruh MP   v v   pkt 1-7/7/2010  
  2. Pengembangan sistem/software Pengelolaan silabus, RPP dan bahan ajar dalam bentuk digital (tersimpan dalam server). 1.2.8 v -        
  3. Mengembangkan program perencanaan pemenuhan rombongan belajar menjadi 32 peserta didik per rombel mulai tahun pelajaran 2010/2011 s.d. 2012/2013 3.2.1 v v   nsk. 1-15/7/2010 Dokumen rencana 3 (tiga) tahunan terkait dg pemenuhan rombel menjadi 32 siswa per rombel
  4. Penyusunan jadwal pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK untuk seluruh mata pelajaran per semester untuk tahun pelajaran 2010/2011.         nsk. 1-15/7/2010  
  5. Mendukung pelaksanaan pengawasan proses pembelajaran (oleh Kepala SMA dan Pengawas SMA). 3.3           Dokumen program, instrumen dan laporan pelaksanaan pengawasan proses pembelajaran
    a.  Pengembangan instrumen pengawasan proses pembelajaran 3.3 v v   pkl. 1-15/9/2010  
    b. b. Pengembangan aplikasi pengolahan hasil pengawasan dan program perbaikan pembelajaran (layanan akademik, remedial dan pengayaan) 3.2.7 dan 3.2.8 v v   pkl. 1-15/9/2010  
    c.  Menggolah hasil pengawasan dan rencana tindak lanjut perbaikan pembelajaran    v v   pkl. 16-30/9/2010  
    d.  Mendistribusikan hasil pengolahan pengawasan pembelajaran dan rencana tindak lanjut kepada Kepala sekolah, guru mata pelajaran dan guru BK.   v v   nsk. 16-30/9/2010  
C Pemenuhan Standar Penilaian              
  1. Pengembangan aplikasi rancangan penilaian (seluruh mata pelajaran) berbasis TIK (lihat Juknis KTSP) 8.3.1 v v     1-31/7/2010 Dokumen rancangan penilaian seluruh MP berbasis TIK
  2. Pengembangan aplikasi analisis butir soal dan rancangan pengembangan bank soal dalam bentuk digital (tersimpan dalam server) 8.4.6 v -       Kumpulan soal yang telah dianalisis, tersimpan dalam server, yang siap dimanfaatkan oleh warga sekolah.
  4. Pelaksanaan Uji Kompetensi Bahasa Inggris (Maksimum 360 siswa) 8.3 -         Laporan Pelaksanaan Uji Kompetensi B. Inggris di setiap SMA
    a.  Pendataan peserta Uji Kompetensi    - v   keg. 16-30/10/2010  
    b. Pendataan pengawas Uji kompetensi   - v   keg. 16-30/10/2010  
    c. Penyiapan dan pengecekan perlengkapan dan ruang uji kompetensi   - v   keg. 16-30/10/2010  
  5. Pelaksanaan Uji Kompetensi TIK (120 Siswa) 8.3 v -       Laporan Pelaksanaan Uji Kompetensi TIK di setiap SMA
    a.  Pendataan peserta Uji Kompetensi    v -        
    b.  Pendataan pengawas Uji kompetensi   v -        
    c.  Penyiapan dan pengecekan perlengkapan dan ruang uji kompetensi   v -        
D. Pemenuhan Standar Pengelolaan              
  1. Penyusunan program dan bahan publikasi/sosialisasi program dan kegiatan dalam rangka pelaks. SMA Model, dalam bentuk cetak dan atau melalui web-site PSB SMA setempat.   v v   keg. 1-14/9/2010  
  2. Pelaksanaan Publikasi seluruh naskah yang berkaitan dengan program, hasil kegiatan, peraturan/kode etik dan lain-lain melalui web-site SMA-PSB    v v   keg. 16-30/9/2010  
  3. Penyusunan program peningkatan fungsi SIM/PSB dalam pelaksanaan pembelajaran dan manajemen sekolah, yang mudah diakses oleh warga sekolah, orang tua dan tamu sekolah 6.6.1 v v   keg. 16-30/9/2010 Naskah program dan prosedur kerja pengelolaan SIM dalam mendukung pembelajaran dan manajemen sekolah.
  3. Penugasan tenaga layanan khusus pengelolaan SIM 6.6.1 - v   pkt. 1-14/7/2010 SK/Surat Tugas dan laporan Pelaksanaan tugas selama 12 bulan
  4. Pembentukan dan penugasan Tim Pengelola PSB yang terdiri atas: 9.1.2 v -       SK/Surat Tugas dan laporan Pelaksanaan tugas selama 12 bulan
    a.  Penanggungjawab Pelaksana PSB   v -        
    b.  Admin PSB (teknisi/pengelola Jaringan)   v -        
    c.  Pengembang konten bahan ajar, dan konten non bahan ajar   v -        
  5. Koordinasi dan pengendalian pelaksanaan pengelolaan PSB 9.1.2 v -        
E. Peningkatan Pemahaman dan Kemampuan Pendidik dan atau Pengelola program PBKL atau PSB              
  1. Workshop/IHT Peningkatan pemahaman Tim SKM/PBKL/PSB dalam bidang: 9.1.5 v v     1-14/7/2010 Panduan dan laporan pelaksanaan workshop/IHT
    a. Penggunaan instrumen dan aplikasi pengolahan - pelaporan hasil analisis konteks berbasis TIK   v v   keg. 1-14/7/2010  
    b. Pemanfaatan web-site PSMA dan SMA PSB   v v   keg. 1-14/7/2010  
  2. Workshop/IHT bagi Pengelola PSB/SIM tingkat sekolah:           1-14/7/2010  
    a. Mekanisme dan prosedur pengelolaan PSB/SIM   v v   keg. 1-15/1/2011  
    b.  Pengembangan dan penelaahan bahan ajar - bahan uji berbasis TIK   v -        
    c.  Pengembangan konten PSB non bahan ajar.   v -        
    d.  Pengembangan LMS   v -        
    e.  Pengembangan aplikasi penyimpanan BA-BU dalam bentuk digital (server)   v -        
    f. Pelaksanaan kemitraan dengan Sekolah Mitra PSB   v -        
  3. Workshop/IHT Peningkatan pemahaman Guru mata pelajaran dalam bidang:              
    a. Penggunaan instrumen analisis kebutuhan dan judul RPP/Bahan ajar untuk setiap KD   v v   keg. 16-31/7/2010  
    b. Penggunaan instrumen/aplikasi pemetaan SI dan SKL berbasis TIK   v v   keg. 16-31/7/2010  
    c.  Mengoperasikan komputer untuk proses pembelajaran   v v   keg. 16-31/1/2011  
    d. Pengembangan bahan ajar berbasis TIK   v v   keg. 16-31/1/2011  
    e. Mengunakan internet dan intranet sebagai sarana komunikasi dan pembelajaran   v v   keg. 16-31/1/2011  
  4. Kemampuan tenaga administrasi dalam:           1-7/11/2010 Panduan dan laporan pelaksanaan workshop/IHT
    a. Mengoperasikan komputer minimal program office 4.2.7 v v   keg. 1-7/11/2010  
    b. Menggunakan dan mengoperasikan perangkat lunak administrasi sekolah 4.2.7 v v   keg. 1-7/11/2010  
    c. Membuat jaringan komputer sederhana 4.2.7 v v   keg. 1-7/11/2010  
  5. Kemampuan tenaga layanan khusus dalam bidang Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah 4.3.2 - v   keg. 1-7/9/2010 Panduan dan laporan pelaksanaan workshop/IHT
  6. Workshop/IHT bagi pengelola PSB pd sekolah mitra PSB (minimal 2 kali setahun) 9.1.2 v -       Panduan dan laporan pelaksanaan workshop/IHT
F. Pemenuhan sarana dan perlengkapan TIK   v v        
  1. Pengembangan area hotspot internet dan intranet untuk keperluan pembelajaran, pengadaan: 5.23.3 v -       Tersedianya area hotspot di sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru 
    a. Pengadaan accespoint    v -        
    b. Pengadaan Kabel    v -        
  2. Pemasangan jaringan internet dan intranet minimal terhubung ke laboratorium komputer, ruang kepala sekolah, ruang guru, dan perpustakaan: 5.23.6 v -       Terpasangnya jaringan internet dan intranet untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dan manajemen sekolah
    a. Langganan ISP   v -        
    b. Sewa internet    v -        
    c. Pengadaan swicth/HUB – 8 titik   v -        
  3. Memiliki jaringan dengan menggunakan server minimal terhubung ke ruang kelas, laboratorium komputer, ruang kepala sekolah, ruang guru, dan perpustakaan, mencakup: 5.23.5 v -       Tersedianya server yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekolah untuk mendukung pembelajaran dan manajemen sekolah.
    a. Pengadaan server khusus yang belum memiliki ( Procesor Xeon, RAM 8 GB, Harddisk 360 GB,LAN cart minimal 3 buah).   v -        
    b. Monitor LCD dan keyboard   v -        
    c. Pengadaan AC – ½ PK   v -        
G. Menjalin kemitraan dan peningkatan peran dan dukungan stakeholders, antara lain:             Adanya naskah kerjasama/kemitraan antara sekolah dg pihak lain yang relevan, dalam rangka meningkatan mutu lulusan.
  1. Dinas Pendidikan/Pemda Kab/Kota, Dewan Pendidikan, Alumni, Lembaga Pendidikan Non Formal, Institusi Pemerintah/BUMN (telkom, depnaker dll), MGMP, MKKS, PT dan LPMP 9.2.3 v v   keg. 1-30/6/2011  
  2. Koordinasi antara SMA PSB dengan SMA mitra PSB di wilayah setempat 9.1.2 v v   keg. 1-30/6/2011 Adanya naskah kerjasama/kemitraan antara sekolah dengan PSB mitra
H. Supervisi, evaluasi dan pelaporan             Panduan dan laporan supervisi
  1. Mendukung pelaksanaan supervisi dan evaluasi ketercapaian SNP secara mandiri: 6.4         1-15/10/2010  
    a. Pengembangan instrumen supervisi dan evaluasi (sesuai kebutuhan sekolah)   v v   pkt. 1-15/10/2010  
    b. Pengolahan data supervisi/evaluasi ketercapaian SNP   v v   pkt. 1-15/10/2010  
  2. Pelaksanaan supervisi dan evaluasi ketercapaian program PSB secara mandiri: 6.4         1-15/10/2010  
    a. Pengembangan instrumen supervisi dan evaluasi (sesuai kebutuhan sekolah)   v v   pkt. 1-15/10/2010  
    b. Pengolahan data supervisi/evaluasi ketercapaian SNP   v v   pkt. 1-15/10/2010  
  3. Supervisi dan Evaluasi keterlaksanaan program PSB ke sekolah mitra di wilayah setempat 6.4 v -        
    a. Penyusunan panduan dan perangkat supervisi dan evaluasi   v -        
    b. Pelaksanaan supervisi/evaluasi dan penyusunan laporan   v -        
  4. Penyusunan dan pengiriman laporan pelaksanaan program PSB (bulanan, triwulanan, tengah tahunan dan tahunan) - v v   keg. 1-30/10/2010  

Jejak Pendapat

Bagaimana pendapat Anda tentang Kurikulum Merdeka




Login
Berita Terkini
 
Link Pendidikan
Untitled Document
  NewsFlash  
"HUT Kabupaten Pemalang Ke-449 Tahun 2023 " | "HUT SMANDA KE-39 TAHUN 2023 " | "SERAH TERIMA JABATAN PENGURUS OSIS DAN ORGANISASI LAINNYA " | "SAFARI BUPATI PEMALANG DI SMA NEGERI 2 PEMALANG " | "Banjir Piala di Even POPDA Kab. Pemalang Tahun 2023 " | "RAIMUNA NASIONAL KE-XII DI CIBUBUR " | "ACARA PURNA TUGAS DAN MUTASI GURU DAN KARYAWAN SMAN 2 PEMALANG " | "Pengumuman kelulusan 2023 " | "26 SISWA SMA N 2 PEMALANG LULUS PTN JALUR SNBP 2023 " | "HALAL BI HALAL SISWA,GURU DAN STAFF TU SMA NEGERI 2 PEMALANG " |
web sma n 2 pml
Powered by ICTdevelopment SMAN2Pemalang | ©2008