No. |
URAIAN KEGIATAN |
Nomor Aspek/ Indikator |
Fokus Program |
Sasaran Kegiatan |
Tanggal, bulan dan tahun |
Hasil Kegiatan |
SMA PSB |
PSB Mitra |
A |
Pemenuhan Standar Isi dan SKL |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Mendukung pelaksanaan analisis konteks |
1.1.8 |
v |
v |
|
|
|
|
|
|
a. |
Pengembangan instrumen analisis konteks berbasis TIK |
|
|
|
1 |
pkt |
1-31/7/2010 |
|
|
|
b. |
Pengolahan hasil analisis konteks |
|
|
|
1 |
pkt |
1-31/7/2010 |
Dokumen analisis 8 SNP |
|
|
c. |
Penyusunan laporan hasil analisis konteks |
|
|
|
1 |
pkt |
1-13/8/2010 |
|
|
2. |
Mendukung Pemetaan Standar Isi dan SKL mata pelajaran |
1.2.2 |
v |
v |
|
|
|
|
|
|
a. |
Pengembangan format/instrumen pemetaan Si dan SKL berbasis TIK |
|
|
|
|
|
19-30/8/2010 |
Dokumen pemetaan SKL - SK/KD per mata pelajaran |
|
|
b. |
Pengembangan sistem penyimpanan hasil pemetaan berbasis TIK |
|
|
|
|
|
|
|
B |
Pemenuhan Standar Proses |
1.2.8. |
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Mendukung pelaksanaan pengembangan RPP dan Bahan Ajar untuk setiap KD mata pelajaran berbasis TIK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. |
Pengembangan instrumen analisis kebutuhan dan judul RPP untuk setiap KD |
|
v |
v |
|
pkt |
1-7/7/2010 |
|
|
|
b. |
Pengembangan instrumen analisis kebutuhan dan judul bahan ajar untuk setiap KD |
|
v |
v |
|
pkt |
1-7/7/2010 |
|
|
|
c. |
Pengumpulan File RPP dan Bahan Ajar berbasis TIK seluruh MP |
|
v |
v |
|
pkt |
1-7/7/2010 |
|
|
2. |
Pengembangan sistem/software Pengelolaan silabus, RPP dan bahan ajar dalam bentuk digital (tersimpan dalam server). |
1.2.8 |
v |
- |
|
|
|
|
|
3. |
Mengembangkan program perencanaan pemenuhan rombongan belajar menjadi 32 peserta didik per rombel mulai tahun pelajaran 2010/2011 s.d. 2012/2013 |
3.2.1 |
v |
v |
|
nsk. |
1-15/7/2010 |
Dokumen rencana 3 (tiga) tahunan terkait dg pemenuhan rombel menjadi 32 siswa per rombel |
|
4. |
Penyusunan jadwal pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK untuk seluruh mata pelajaran per semester untuk tahun pelajaran 2010/2011. |
|
|
|
|
nsk. |
1-15/7/2010 |
|
|
5. |
Mendukung pelaksanaan pengawasan proses pembelajaran (oleh Kepala SMA dan Pengawas SMA). |
3.3 |
|
|
|
|
|
Dokumen program, instrumen dan laporan pelaksanaan pengawasan proses pembelajaran |
|
|
a. |
Pengembangan instrumen pengawasan proses pembelajaran |
3.3 |
v |
v |
|
pkl. |
1-15/9/2010 |
|
|
|
b. |
b. Pengembangan aplikasi pengolahan hasil pengawasan dan program perbaikan pembelajaran (layanan akademik, remedial dan pengayaan) |
3.2.7 dan 3.2.8 |
v |
v |
|
pkl. |
1-15/9/2010 |
|
|
|
c. |
Menggolah hasil pengawasan dan rencana tindak lanjut perbaikan pembelajaran |
|
v |
v |
|
pkl. |
16-30/9/2010 |
|
|
|
d. |
Mendistribusikan hasil pengolahan pengawasan pembelajaran dan rencana tindak lanjut kepada Kepala sekolah, guru mata pelajaran dan guru BK. |
|
v |
v |
|
nsk. |
16-30/9/2010 |
|
C |
Pemenuhan Standar Penilaian |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Pengembangan aplikasi rancangan penilaian (seluruh mata pelajaran) berbasis TIK (lihat Juknis KTSP) |
8.3.1 |
v |
v |
|
|
1-31/7/2010 |
Dokumen rancangan penilaian seluruh MP berbasis TIK |
|
2. |
Pengembangan aplikasi analisis butir soal dan rancangan pengembangan bank soal dalam bentuk digital (tersimpan dalam server) |
8.4.6 |
v |
- |
|
|
|
Kumpulan soal yang telah dianalisis, tersimpan dalam server, yang siap dimanfaatkan oleh warga sekolah. |
|
4. |
Pelaksanaan Uji Kompetensi Bahasa Inggris (Maksimum 360 siswa) |
8.3 |
- |
|
|
|
|
Laporan Pelaksanaan Uji Kompetensi B. Inggris di setiap SMA |
|
|
a. |
Pendataan peserta Uji Kompetensi |
|
- |
v |
|
keg. |
16-30/10/2010 |
|
|
|
b. |
Pendataan pengawas Uji kompetensi |
|
- |
v |
|
keg. |
16-30/10/2010 |
|
|
|
c. |
Penyiapan dan pengecekan perlengkapan dan ruang uji kompetensi |
|
- |
v |
|
keg. |
16-30/10/2010 |
|
|
5. |
Pelaksanaan Uji Kompetensi TIK (120 Siswa) |
8.3 |
v |
- |
|
|
|
Laporan Pelaksanaan Uji Kompetensi TIK di setiap SMA |
|
|
a. |
Pendataan peserta Uji Kompetensi |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
b. |
Pendataan pengawas Uji kompetensi |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
c. |
Penyiapan dan pengecekan perlengkapan dan ruang uji kompetensi |
|
v |
- |
|
|
|
|
D. |
Pemenuhan Standar Pengelolaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Penyusunan program dan bahan publikasi/sosialisasi program dan kegiatan dalam rangka pelaks. SMA Model, dalam bentuk cetak dan atau melalui web-site PSB SMA setempat. |
|
v |
v |
|
keg. |
1-14/9/2010 |
|
|
2. |
Pelaksanaan Publikasi seluruh naskah yang berkaitan dengan program, hasil kegiatan, peraturan/kode etik dan lain-lain melalui web-site SMA-PSB |
|
v |
v |
|
keg. |
16-30/9/2010 |
|
|
3. |
Penyusunan program peningkatan fungsi SIM/PSB dalam pelaksanaan pembelajaran dan manajemen sekolah, yang mudah diakses oleh warga sekolah, orang tua dan tamu sekolah |
6.6.1 |
v |
v |
|
keg. |
16-30/9/2010 |
Naskah program dan prosedur kerja pengelolaan SIM dalam mendukung pembelajaran dan manajemen sekolah. |
|
3. |
Penugasan tenaga layanan khusus pengelolaan SIM |
6.6.1 |
- |
v |
|
pkt. |
1-14/7/2010 |
SK/Surat Tugas dan laporan Pelaksanaan tugas selama 12 bulan |
|
4. |
Pembentukan dan penugasan Tim Pengelola PSB yang terdiri atas: |
9.1.2 |
v |
- |
|
|
|
SK/Surat Tugas dan laporan Pelaksanaan tugas selama 12 bulan |
|
|
a. |
Penanggungjawab Pelaksana PSB |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
b. |
Admin PSB (teknisi/pengelola Jaringan) |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
c. |
Pengembang konten bahan ajar, dan konten non bahan ajar |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
5. |
Koordinasi dan pengendalian pelaksanaan pengelolaan PSB |
9.1.2 |
v |
- |
|
|
|
|
E. |
Peningkatan Pemahaman dan Kemampuan Pendidik dan atau Pengelola program PBKL atau PSB |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Workshop/IHT Peningkatan pemahaman Tim SKM/PBKL/PSB dalam bidang: |
9.1.5 |
v |
v |
|
|
1-14/7/2010 |
Panduan dan laporan pelaksanaan workshop/IHT |
|
|
a. |
Penggunaan instrumen dan aplikasi pengolahan - pelaporan hasil analisis konteks berbasis TIK |
|
v |
v |
|
keg. |
1-14/7/2010 |
|
|
|
b. |
Pemanfaatan web-site PSMA dan SMA PSB |
|
v |
v |
|
keg. |
1-14/7/2010 |
|
|
2. |
Workshop/IHT bagi Pengelola PSB/SIM tingkat sekolah: |
|
|
|
|
|
1-14/7/2010 |
|
|
|
a. |
Mekanisme dan prosedur pengelolaan PSB/SIM |
|
v |
v |
|
keg. |
1-15/1/2011 |
|
|
|
b. |
Pengembangan dan penelaahan bahan ajar - bahan uji berbasis TIK |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
c. |
Pengembangan konten PSB non bahan ajar. |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
d. |
Pengembangan LMS |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
e. |
Pengembangan aplikasi penyimpanan BA-BU dalam bentuk digital (server) |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
f. |
Pelaksanaan kemitraan dengan Sekolah Mitra PSB |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
3. |
Workshop/IHT Peningkatan pemahaman Guru mata pelajaran dalam bidang: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. |
Penggunaan instrumen analisis kebutuhan dan judul RPP/Bahan ajar untuk setiap KD |
|
v |
v |
|
keg. |
16-31/7/2010 |
|
|
|
b. |
Penggunaan instrumen/aplikasi pemetaan SI dan SKL berbasis TIK |
|
v |
v |
|
keg. |
16-31/7/2010 |
|
|
|
c. |
Mengoperasikan komputer untuk proses pembelajaran |
|
v |
v |
|
keg. |
16-31/1/2011 |
|
|
|
d. |
Pengembangan bahan ajar berbasis TIK |
|
v |
v |
|
keg. |
16-31/1/2011 |
|
|
|
e. |
Mengunakan internet dan intranet sebagai sarana komunikasi dan pembelajaran |
|
v |
v |
|
keg. |
16-31/1/2011 |
|
|
4. |
Kemampuan tenaga administrasi dalam: |
|
|
|
|
|
1-7/11/2010 |
Panduan dan laporan pelaksanaan workshop/IHT |
|
|
a. |
Mengoperasikan komputer minimal program office |
4.2.7 |
v |
v |
|
keg. |
1-7/11/2010 |
|
|
|
b. |
Menggunakan dan mengoperasikan perangkat lunak administrasi sekolah |
4.2.7 |
v |
v |
|
keg. |
1-7/11/2010 |
|
|
|
c. |
Membuat jaringan komputer sederhana |
4.2.7 |
v |
v |
|
keg. |
1-7/11/2010 |
|
|
5. |
Kemampuan tenaga layanan khusus dalam bidang Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah |
4.3.2 |
- |
v |
|
keg. |
1-7/9/2010 |
Panduan dan laporan pelaksanaan workshop/IHT |
|
6. |
Workshop/IHT bagi pengelola PSB pd sekolah mitra PSB (minimal 2 kali setahun) |
9.1.2 |
v |
- |
|
|
|
Panduan dan laporan pelaksanaan workshop/IHT |
F. |
Pemenuhan sarana dan perlengkapan TIK |
|
v |
v |
|
|
|
|
|
1. |
Pengembangan area hotspot internet dan intranet untuk keperluan pembelajaran, pengadaan: |
5.23.3 |
v |
- |
|
|
|
Tersedianya area hotspot di sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru |
|
|
a. |
Pengadaan accespoint |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
b. |
Pengadaan Kabel |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
2. |
Pemasangan jaringan internet dan intranet minimal terhubung ke laboratorium komputer, ruang kepala sekolah, ruang guru, dan perpustakaan: |
5.23.6 |
v |
- |
|
|
|
Terpasangnya jaringan internet dan intranet untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dan manajemen sekolah |
|
|
a. |
Langganan ISP |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
b. |
Sewa internet |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
c. |
Pengadaan swicth/HUB – 8 titik |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
3. |
Memiliki jaringan dengan menggunakan server minimal terhubung ke ruang kelas, laboratorium komputer, ruang kepala sekolah, ruang guru, dan perpustakaan, mencakup: |
5.23.5 |
v |
- |
|
|
|
Tersedianya server yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekolah untuk mendukung pembelajaran dan manajemen sekolah. |
|
|
a. |
Pengadaan server khusus yang belum memiliki ( Procesor Xeon, RAM 8 GB, Harddisk 360 GB,LAN cart minimal 3 buah). |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
b. |
Monitor LCD dan keyboard |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
c. |
Pengadaan AC – ½ PK |
|
v |
- |
|
|
|
|
G. |
Menjalin kemitraan dan peningkatan peran dan dukungan stakeholders, antara lain: |
|
|
|
|
|
|
Adanya naskah kerjasama/kemitraan antara sekolah dg pihak lain yang relevan, dalam rangka meningkatan mutu lulusan. |
|
1. |
Dinas Pendidikan/Pemda Kab/Kota, Dewan Pendidikan, Alumni, Lembaga Pendidikan Non Formal, Institusi Pemerintah/BUMN (telkom, depnaker dll), MGMP, MKKS, PT dan LPMP |
9.2.3 |
v |
v |
|
keg. |
1-30/6/2011 |
|
|
2. |
Koordinasi antara SMA PSB dengan SMA mitra PSB di wilayah setempat |
9.1.2 |
v |
v |
|
keg. |
1-30/6/2011 |
Adanya naskah kerjasama/kemitraan antara sekolah dengan PSB mitra |
H. |
Supervisi, evaluasi dan pelaporan |
|
|
|
|
|
|
Panduan dan laporan supervisi |
|
1. |
Mendukung pelaksanaan supervisi dan evaluasi ketercapaian SNP secara mandiri: |
6.4 |
|
|
|
|
1-15/10/2010 |
|
|
|
a. |
Pengembangan instrumen supervisi dan evaluasi (sesuai kebutuhan sekolah) |
|
v |
v |
|
pkt. |
1-15/10/2010 |
|
|
|
b. |
Pengolahan data supervisi/evaluasi ketercapaian SNP |
|
v |
v |
|
pkt. |
1-15/10/2010 |
|
|
2. |
Pelaksanaan supervisi dan evaluasi ketercapaian program PSB secara mandiri: |
6.4 |
|
|
|
|
1-15/10/2010 |
|
|
|
a. |
Pengembangan instrumen supervisi dan evaluasi (sesuai kebutuhan sekolah) |
|
v |
v |
|
pkt. |
1-15/10/2010 |
|
|
|
b. |
Pengolahan data supervisi/evaluasi ketercapaian SNP |
|
v |
v |
|
pkt. |
1-15/10/2010 |
|
|
3. |
Supervisi dan Evaluasi keterlaksanaan program PSB ke sekolah mitra di wilayah setempat |
6.4 |
v |
- |
|
|
|
|
|
|
a. |
Penyusunan panduan dan perangkat supervisi dan evaluasi |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
|
b. |
Pelaksanaan supervisi/evaluasi dan penyusunan laporan |
|
v |
- |
|
|
|
|
|
4. |
Penyusunan dan pengiriman laporan pelaksanaan program PSB (bulanan, triwulanan, tengah tahunan dan tahunan) |
- |
v |
v |
|
keg. |
1-30/10/2010 |
|