Umi Widiastuti, S.Kom
Guru BK TIK SMA Negeri 2 Pemalang
Seri AKM (Andragogi Kreatif Mandiri) merupakan pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan pada pembelajaran mandiri bagi guru. Berikut adalah sebuah narasi untuk pengimbasan guru belajar dalam seri AKM:
"Guru itu seperti pemandu cahaya di dunia pembelajaran. Mereka tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga membimbing siswa dalam penjelajahan dunia ilmu. Di dalam perjalanan ini, guru juga seharusnya menjadi pelajar abadi, terus mengasah wawasan dan keterampilan mereka.
Dalam petualangan ini, muncullah Seri AKM sebagai sahabat setia bagi guru. Sebuah panduan yang memberikan semangat dan arahan, membantu guru untuk memahami esensi pembelajaran mandiri. Seri ini bukanlah sekadar buku, melainkan kunci yang membuka pintu ke dunia pengetahuan yang lebih dalam.
Bab demi bab, guru diajak untuk mengeksplorasi pendekatan-pendekatan kreatif dalam pembelajaran. Dari merancang kurikulum yang menyentuh hati hingga menciptakan aktivitas yang membangkitkan semangat belajar, Seri AKM memberikan inspirasi tak terbatas.
Namun, Seri AKM bukan hanya sekadar sumber ide. Ia adalah cermin bagi guru untuk merenung. Di antara halaman-halaman yang berisi metode dan strategi, guru dapat menemukan refleksi tentang peran mereka dalam membentuk generasi masa depan.
Seri ini bukanlah petunjuk yang kaku, melainkan pendorong kreativitas. Guru diajak untuk menciptakan ruang-ruang pembelajaran yang penuh dengan keajaiban, tempat di mana pengetahuan tumbuh dan berkembang seiring dengan semangat belajar siswa.
Dalam perjalanan bersama Seri AKM, guru tidak hanya mendapat pengetahuan baru, tetapi juga memperoleh kepercayaan diri untuk mencoba hal-hal baru. Pembelajaran mandiri bukan hanya untuk siswa, tetapi juga untuk guru yang ingin terus mengembangkan diri.
Sebagai seorang guru yang belajar melalui Seri AKM, mereka tidak hanya menjadi pembimbing, tetapi juga teman sejawat yang selalu bersemangat untuk mengeksplorasi, belajar, dan tumbuh. Bersama, mereka menjadi arsitek pembelajaran yang mampu menciptakan tempat belajar yang inspiratif dan berkelanjutan."
Narasi ini mencoba menggambarkan pengalaman guru dalam belajar melalui Seri AKM, yang memotivasi mereka untuk menjadi fasilitator pembelajaran yang kreatif dan proaktif.